Sunday, November 18, 2018

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Sudah Bisa Apa?

Apa saja yang sudah bisa dilakukan di perkembangan anak usia 2 tahun? Pada usia anak 2 tahun, seharusnya tumbuh kembangnya sudah mulai banyak ya bunda. Baik fisik, motorik maupun otaknya mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Bunda sebagai orang tua harusnya tahu apa-apa saja yang seharusnya terjadi pada si kecil usia 2 tahun mengenai pertumbuhan perkembangannya. Nah, untuk itu silahkan simak ulasan kami berikut ini tentang tumbuh kembang anak usia 2 tahun.

Menurtu Erikson, setiap anak memiliki perkembangan anak usia 2 tahun yang berbeda-beda. Mungkin sebagian besar perkembangan anak akan urut sesuai kemampuannya. Namun ada juga anak yang perkembangannya tidak urut seperti pada umumnya. Meskipun demikian, setidaknya bunda harus tahu pedoman tahapan perkembangan anak sesuai usianya sehingga bisa menilai apakah si kecil tumbuh dan berkembang normal seperti di usianya.

Banyak contoh tumbuh kembang anak usia 2 tahun yang biasanya terlihat jelas oleh orang disekitarnya. Karena ketika anak berusia 2 tahun, syaraf otaknya mulai terbentuk dan tak terhitung jumlahnya. Jadi, jangan heran jika anak diusia ini sudah sangat pintar dalam mengutakaran maksudnya atau mengeksplore kemampuannya. Nah, apa saja sih perkembangan anak usia 2 tahun yang ideal?

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun Yang Ideal
  • Pertumbuhan fisik
Dari segi fisik, banyak yang terjadi pada anak ketika menginjak usia 2 tahun. Biasanya pada usia ini si kecil mengalami pertumbuhan 16 gigi pertamanya. Selain itu, berat dan tinggi badan anak juga mengalami kenaikan. Umumnya idealnya, berat badan anak 2 tahun adalah sekitar 10-13 kilogram dengan tinggi badan kisaran 84-89 cm.

  • Perkembangan sensorik dan kognitif
Selain fisik, sensorik dan kognitif anak juga mengalami perkembangan. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan bicara pada anak. Anak usia 2 tahun sudah bisa menggabungkan 2-3 kata bahkan dapat merangkai sebuah kalimat. Kosa katanya juga semakin banyak, sehingga ia bisa mengatakan apa yang ingin ia katakan. Misalnya, ketika ia haus atau lapar dia bisa mengatakan dan berkomunikasi dengan orang terdekatnya dengan lebih jelas. Si kecil sudah belajar melepas dan memakai baju sendiri serta memahami nama bagian-bagian tubuhnya.

  • Perkembangan keterampilan motorik
Dari segi keterampilan motorik, anak usia 2 tahun juga sangat terlihat yaitu si kecil bisa berlari dengan koordinasi dengan baik. Sehingga ketika berjalan dan berlari ia mulai bisa menyeimbangkan tubuhnya menjadi lebih baik. Ketika berada di lingkungan sekitar, ia bisa aktif seperti menendang bola, menyusun balok, mrangkai puzzle dan lain sebagainya. Untuk yang lebih terampil, anak juga sudah bisa naik turun tangga sambil berpegangan.
  • Perkembangan emosi dan sosial
Yang terakhir adalah perkembangan emosi dan sosial anak juga berkembang. Usia 2 tahun anak sudah bisa mengendalikan emosinya sehingga tidak mudah menangis. Ia mulai bisa mandiri dan menirukan sikap orang lain atau orang yang ada disekitarnya. Pada usia ini si kecil juga terkadang suka gemas dan relek memeluk atau bahkan mencubit orang yang ada disekitarnya.

Nah, itulah beberapa perkembangan baik dari segi fisik, emosional, sensorik serta motorik. Sebetulnya masih ada 1 lagi yaitu perkembangan anak usia 2 tahun dari segi memori tapi mungkin akan dibahas lain waktu. Bagaimana bunda, apakah si kecil juga mengalami perkembangan seperti yang kami sebutkan tadi? Jika tidak, bunda tidak perlu khawatir karena memang setiap anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Konsultasikan ke dokter anak untuk tahu pertumbuhan dan perkembangan anak. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment